PESANTREN KILAT CALON JAMAAH HAJI

Posted by balebat | 0 Info, Haji & Umrah | Thursday 22 May 2014 9:17 am

Pada Sabtu – Ahad (31 Mei 2014 – 01 Juni 2014) 98 Orang Calon Jamaah Haji Ar-Risalah untuk pemberangkatan tahun 2014 akan mengikuti Kegiatan Pesantren Kilat & Qiyamullail di Pondok Pesantren Al-Hikmah Bogor. Pemberangkatan akan dilakukan dari kampus IPRIJa pukuk 09.00.

Kegiatan di kemas dalam bentuk training, muhasabah, diskusi, games & praktek. Rangkaian Acara meliputi pembukaan, sambutan dan pelepasan oleh Ketua Yayasan Ar-Risalah Jakarta, training materi manasik, qiyamullail, istighotsah, dzikir, kuliah subuh, olah raga, games & kebersamaan.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memaksimalkan hasil pembinaan materi manasik dan meningkatkan rasa kekeluargaan diantara calon jamaah yang akan berangkat pada tahun 2014, dengan harapan ketika waktunya ibadah haji dengan modal terjalin rasa kekeluargaan ini kegiatan ibadah haji bisa lebih maksimal dan berkwalitas.

Jadwal Kegiatan

Ta’aruf Akbar Calon Jamaah Haji Ar-Risalah

Posted by balebat | Haji & Umrah | Saturday 22 March 2014 7:10 am

Pada tahun 2014 KBIH Ar-Risalah Akan Mengadakan Taaruf Akbar dan Sosialiasi Prediksi Tahun Keberangkatan Calon Jamaah Haji. Yang Insya Allah Akan di Laksanakan pada hari/ tanggal : Ahad/ 30 Maret 2014. pukul 08.00 s/d 11.30 Bertempat di Masjid Agung At-Tien, Jl. Raya Taman Mini Pintu I. Cipayung – Jakarta Timur.

Acara Taaruf ini sangat penting bagi calon jamaah haji, untuk bisa lebih kenal dan lebih dekat, sehingga di waktu pemberangkatan kebersamaan telah terbina. dan yang tidak kalah pentingnya mengetahui prediksi pemberangkatan yang akan langsung di sampaikan oleh kementrian agama RI.

Mengingat pentingnya acara ini. kepada calon jamaah haji kbih Ar-Risalah kami mohon dapat hadir tepat pada waktunya. dianjurkan berpakaian putih-putih.

PEMBINAAN KEMITRAAN KBIH

Posted by balebat | Haji & Umrah | Saturday 1 March 2014 8:52 am

Dalam rangka memaksimalkan informasi kepada jamaah tentang keberadaan KBIH Yayasan Ar-Risalah dan memperluas jaringan mitra Ar-Risalah. KBIH Ar-Risalah mengadan Sosialisai dan Pembinaan Kemitraan yang insya allah akan dilakasanakan pada Hari/Tanggal Ahad,  02 Maret  2014 M, pukul 09.00 WIB s.d. 11.30 WIB, Tempat Gedung Yayasan Ar-Risalah Jakarta, Jl. Raya Bogor Km. 26 No. 10 Ciracas Jakarta Timur 13740.

Kegiatan ini mengundang 50 Orang Jamaah. Yang terdiri dari Pengurus Yayasan, Pengurus KBIH, Karyawan. dan Ketua Majlis Taklim Ibu yang berada di wilayah Jakarta Timur.

BULLETIN ARRISALAH EDISI 606

Posted by balebat | Haji & Umrah | Saturday 22 February 2014 10:19 am

MANISNYA IMAN

“Katakanlah, Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu”. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.’ (QS. 3:31).
Tidak diragukan lagi, bahwa ada kelezatan dalam iman sebagaimana disebutkan dalam hadits: “Tiga perkara yang jika ada pada diri seseorang niscaya ia merasakan manisnya iman, yaitu: Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai daripada yang lain; dan mencintai seseorang tidak lain hanya karena Allah serta tidak suka kembali kepada kekufuran sebagaimana ia tidak suka dicampakkan ke dalam api Neraka. ” (HR. Bukhari dan Muslim).

MERASAKAN MANISNYA IMAN
-Jika tiga hal itu ada pada seseorang maka dia akan merasakan manisnya iman. Maksud ada pada dirinya yaitu secara utuh keseluruhannya. Maka artinya adalah ada tiga sifat yang jika tiga sifat itu ada pada seseorang maka orang tersebut akan merasakan manisnya iman. Dan yang dimaksud dengan manisnya iman adalah rasa nikmat ketika melakukan ketaatan kepada Allah, ketenangan hati dan lapangnya dada. Al-Imam Ibnu Hajar al-Asqalani berkata, “Syaikh Abu Muhammad bin Abu Hamzah berkata, “Pengungkapan dengan lafal “manis” karena Allah subhanahu wata’ala mengumpamakan iman sebagaimana pohon, seperti di dalam firman-Nya, surat Ibrahim 24, “Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik. ” Kalimat thayyibah (baik) adalah kalimatul ikhlash, kalimat tauhid, sedangkan pohon merupakan pokok dari keimanan, cabang-cabangnya adalah menjalankan perintah dan menjauhi larangan, daun-daunnya adalah segala amal kebaikan yang harus diperhatikan seorang mukmin, dan buahnya adalah segala macam bentuk ketaatan. Manisnya buah akan didapat ketika buah sudah matang, dan puncak dari rasa manis itu adalah bila buah telah masak total, maka ketika itulah akan terasa manisnya buah tersebut. -Allah dan Rasul-Nya lebih dia cintai dari pada selain keduanya, artinya mencintai Allah subhanahu wata’ala dan Rasul-Nya melebihi cintanya kepada orang lain seperti orang tua, anak, diri sendiri dan semua orang. -Mencintai seseorang, dia tidak mencintainya kecuali karena Allah. Maksudnya adalah hendaknya hubungan antara seorang muslim dengan saudaranya -muslim yang lain- dilandasi dengan iman kepada Allah subhanahu wata’ala dan amal shalih. Bertambahnya kecintaan bukan karena mendapatkan keuntungan materi dan berkurangnya cinta bukan karena tiadanya manfaat dunia yang diperoleh, namun ukurannya adalah iman dan amal shali

CINTA ALLAH DAN RASULNYA
Cinta Allah, kemudian disusul cinta Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wasallam merupakan ciri terpenting yang harus dimiliki oleh siapa saja yang ingin merasakan lezatnya iman. Cinta Allah dan cinta rasul-Nya tidak boleh diungguli oleh cinta kepada siapa pun selain keduanya. Bahkan cinta Allah dan Rasul-Nya merupakan parameter dan tolok ukur bagi kecintaan terhadap diri sendiri, orang tua, anak, dan seluruh manusia.

Suatu ketika Umarradhiyallahu ‘anhuberkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, “Wahai Rasulullah, sungguh engkau lebih aku cintai dari pada segala sesuatu apa pun, kecuali diriku.” Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak demikian, demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sehingga aku lebih engkau cintai dari pada dirimu sendiri.” Maka Umar menjawab, “Demi Allah, sesungguhnya engkau sekarang lebih aku cintai dari pada diriku sendiri.” Maka Nabi mejawab, “Sekarang hai Umar,” (telah sempurna imanmu). Anas radhiyallahu ‘anhu juga meriwayatkan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, artinya,    “Tidak beriman salah seorang di antara kalian, sehingga aku lebih dia cintai dari pada orang tuanya, anaknya dan seluruh manusia.” Dan konsekuensi dari cinta ini adalah memenuhi apa yang diperintahkan Allah dan Rasul serta menjauhi apa yang dilarang Allah dan Rasul dengan penuh rasa rela dan ketundukan yang utuh, sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala, artinya,

Katakanlah, “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu”. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.’ (QS. 3:31)

BULLETIN ARRISALAH EDISI 605

Posted by balebat | Haji & Umrah | Saturday 22 February 2014 9:47 am

GOSIP DAN BAHAYANYA

Allah SWY berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka karena sebagia dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mancari-cari keburukan orang dan janganlah sebagian dari kalian menggunjing (ghibah) sebagian yang lain. Adakah orang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya… “ (Q.S. Al-Hujurat: 12).

Gosip dalam agama lebih kita kenal dengan istilah ghibah, yaitu suatu kebiasaan buruk membicarakan kejelekan dan aib orang lain tanpa sepengetahuannya. Gossip merupakan penyakit lidah yang berbahaya dan membawa dampak yang tidak baik dalam kehidupan dan merugikan orang lain. Penyakit ini mudah berjangkit dan sulit untuk mengobatinya, oleah karenanya kita berusaha untuk menjauhinya. Memang ebak rasanya mengoreksi keselahan dan kelemahan orang lain tanpa melihat kekurangan diri sendiri, sehingga tanpa disadarinya ia telah mencelakakan dirinya. (Q.S. Al-Humazah: 1). Sebab itulah Rasulullah SAW mengingatkan kepada kita agar dapat berkata yang baik, jika tidak bisa, maka lebih baik diam.

Penyebab Gosip
Pada dasarnya, factor yang menyebabkan seseorang melakukan gossip banyak sekali, baik dari factor internal maupun faktor eksternal. Secara umum Al Ghazali mengelompokkan hal-hal yang mendorong seseorang menggosip antara lain: Pertama, melampiaskan kemarahan (dendam), ketika seseorang marah, kesal dan dendam, ia akan merasa lega bila sudah menyebutkan kejelekan orang tersebut. Kedua, Curiga, siapapun yang menaruh rasa curiga kepada orang lain, iacenderung menyebut-nyebutkan kejelekan orang itu sebelum orang tersebut menyudutkannya. Ketiga, hasad, orang yang dengki/hasad akan selalu mencari-cari alas an untuk menjatuhkan orang lain dengan membeberkan kekurangan-kekurangan orang tersebut. Keempat. Takabur, yaitu membanggakan dirinya dengan mengkebiri eksistensi orang lain. Kelima, Perhaulan, lingkungan dan pergaulan mempunyai dampak yang luar biasa dalam membentuk karakter seseorang, maka bila seseorang bergaul dengan seseorang yang suka bergosip tidak menutup kemungkinan ia akan berbuat yang sama, dan keenam, bercanda. Seseorang yang asik bercanda, secara sadar ata tidak ia menyebutkan kekurangan orang lain di depan orang banyak atau menirukan tingkah laku orang yang sedang diperolok-olok, padahal belum tentu ia lebih baik baik dari pada orang yang di perolok-olok

Bahaya Gosip
Sesungguhnya godsip(ghibah) merupakan penyakit kronis dan berbahaya serta menimbulkan kemadharatan yang lebih besar dalam kehidupan sesame baik di dunia maupun di akhirat. Bahaya yang akan dirasakan bagi orang yang melakukan gossip di antaranya: Pertama, gossip dapat memporak-porandakan tatanan kehidupan masyarakat, menebarkan fitnah, menimbulkan perbusuhan di antara manusia dan menimbulkan dendam. Kedua,godip termasuk perbuatan dzolim yang sangat diharamkan Allah SWT. Ketiga, gosip dapat menyakiti orang yang digosipkan sehingga dapat merenggangkan ukhuwah. Keempat, gossip dapat menjadikan pelakunya terbuka aibnya baik di dunia maupun di akhirat dan berakibat akan mendapat adzab pada hari kiamat. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa menutup (aib) seorang muslim, maka Allah akan menutup (aibnya) di hari kiamat.” (Muttafaq Alaih)

Dengan bahaya yang begitu besar atas perbuatan gossip, maka kita sebagai seorang mukmin harus berusaha menjauhinya, terlebih kondisi bangsa kita yang sebentar lagi akan menghadapi pesta rakyat pemilihan umum untuk memilih para wakil rakyat, sehingga ukhuwag islamiyah tetap terjaga dalam kehidupan sehari-hari.

Umrah Periode Februari 2014

Posted by balebat | Haji & Umrah | Wednesday 19 February 2014 5:06 am

Risalah Tour & Travel Mengadakan Umrah ke dua tahun 2014. Jamaah yang bergabung dengan Risalah Tour & Travel adalah 63 Jamaah yang berasal dari berbagai daerah di indonesia. diantaranya dari Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, Tanggerang,  Surabaya, Jombang, Purworejo, Wonogiri. Semuanya dijamu di Rumah Allah selama kurang lebih 9 Hari. Jadwal pertama berlangsung pada 8 – 16 Februari. klik untuk info lebih lengkap

RAPAT KERJA II KBIH AR-RISALAH

Posted by balebat | Haji & Umrah | Saturday 1 February 2014 10:43 am

KBIH AR-Risalah Pada Hari Jum’at dan sabtu, Tanggal 31 Januari s/d 1 Februari 2014 Sukses Mengadakan Rapat Kerja Ke II, yang bertempat di Aula Muwardi Komplek Taman Wiladatika – Cibubur Peserta yang hadir sebanyak 26 Orang. Yang terdiri dari Pengurus KBIH dan Pengurus Yayasan Ar-Risalah.

Agenda Pembahasan pada kegiatan Rapat Kerja Ke II ini diantaranya ; Evaluasi laporan Umum, Pembahasan Jobdesk Pengurus KBIH, Pembahasan Program Keerja, Anggaran,  serta Usulan-usulan rekomendasi kegiatan dalam rangka meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan moto Prima Dalam Pelayanan Utama dalam Bimbingan.

UMRAH PERIDOE JANUARI 2014

Posted by balebat | Haji & Umrah | Sunday 12 January 2014 10:08 am

Risalah Tour & Travel Mengadakan Umrah Perdana di tahun 2014. Jamaah yang bergabung dengan Risalah Tour & Travel adalah 142 Jamaah yang berasala dari berbagai daerah di indonesia. diantaranya dari Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Cibinong, Bogor, Tanggerang, Karawang, Tasikmalaya, Kebumen, Klaten, Solo. Semuanya dijamu di Rumah Allah selama kurang lebih 9 Hari. Jadwal pertama berlangsung pada 4 – 12 Januari. lebih lengkap Klik Disini

Penyambutan Jamaah Haji Plus 2013

Posted by balebat | Haji & Umrah | Sunday 27 October 2013 9:53 am

Hari Ahad, 20 Oktober 2013 pukul 12.00 WIB seluruh jama’ah Risalah Tour & Travel yang berjumlah 16 orang sudah sampai di kantor Ar-Risalah Jl. Raya Bogo Km 26 No.10. Klik Info Lebih Detail

Jamaah Haji Plus Kembali Ke Tanah Air

Posted by balebat | Haji & Umrah | Saturday 19 October 2013 8:14 am

Alhamdulillah wasyukurilah dengan izin dan kasih sayang Allah SWT seluruh jamaah Risalah Tour & Travel Pada tahun 2013 ini dimudahkan dan diberi kelancaran dalam menunaikan ibdah haji, Semoga Allah menjadikan mereka menjadi haji & hajjah yang mabrur & Mabruroh.

Hari Ahad, 20 Oktober 2013 seluruh jamaah yang berjumlah 16 orang akan segera kembali ketanah air dengan membawa haji mabrur. Nama-Nama jamaah yang kembali adalah sebagai berikut :

NO
NAMA
PORSI
ALAMAT
1 ENDANG SUGIARTI 3000190627 Kec. Ciracas Jakarta Timur
2 ACHMAD BASARI SIKIN 3000105269 Kec. Ciracas Jakarta Timur
3 YULI SRI SUDARMI 3000105270 Kec. Ciracas Jakarta Timur
4 MISAN SANUSI MAAH 3000111200 Kec. Cipayung Jakarta Timur
5 SIMIH TINGU ALI 3000111202 Kec. Cipayung Jakarta Timur
6 CHOTIMAH MASNGUDI SUYANTO 3000113132 Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur
7 SARI WIRA SURAPRADJ ABINTI 3000113247 Kec. Ciracas Jakarta Timur
8 MUHAMAD YASIN MUSA 3000113887 Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur
9 JUWATI ASTRO TOMPO 3000113889 Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur
10 FAJAR RACHMAT FIRDAUS 3000113892 Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur
11 SUKESWIN JULIDJATUN 3000113894 Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur
12 WAHYUNI KASPAN SYAKI 3000114496 Kec. Ciracas Jakarta Timur
13 SAINAH NANGKIH SIJAN 3000115871 Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur
14 KARTONADI MUHANMAD NUH 3000115874 Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur
15 HENI SUSILOWATI YATIMIN 3000118034 Kec. Tugu, Cimanggis Depok
16 HERU PRASETYA SUDARMO 3000118035 Kec. Tugu, Cimanggis Depok
Next Page »